e-Produk Litbang Pertanian

Cari

Penyedia produk

Tentang Kami

Badan Litbang Pertanian merupakan unit eselon I di bawah Kementerian Pertanian yang mempunyai tugas melaksanakan penelitian dan pengembangan pertanian.

Visi Badan Litbang Pertanian adalah pada tahun 2014 menjadi lembaga penelitian dan pengembangan pertanian berkelas dunia yang menghasilkan dan mengembangkan inovasi teknologi pertanian untuk mewujudkan pertanian industrial unggul berkelanjutan berbasis sumber daya lokal.

Untuk itu, Badan Litbang Pertanian mempunyai misi :

- Menciptakan, merekayasa, dan mengembangkan inovasi teknologi dan rekomendasi kebijakan pembangunan di bidang pertanian sesuai dinamika kebutuhan pengguna.

- Meningkatkan efisiensi dan percepatan diseminasi kepada para pengguna serta meningkatkan penjaringan umpan balik inovasi pertanian.

- Mengembangkan jaringan kerjasama nasional dan internasional dalam rangka penguasaan IPTEK dan peningkatan peran Badan Litbang Pertanian dalam pengembangan agribisnis dan pembangunan pertanian.

- Mengembangkan kapasitas institusi Badan Litbang Pertanian menuju pengelolaan litbang yang profesional dan berintegritas moral tinggi.

Teknologi hasil penelitian Badan Litbang Pertanian meliputi paket teknologi, benih unggul, bibit ternak, vaksin, pestisida hayati, rekayasa alat dan mesin pertanian (alsintan), dan rekomendasi/analisis kebijakan.

Beberapa teknologi yang siap pakai telah dikembangkan dan dikerjasamakan dengan swasta. Pengalihan teknologi ini dilaksanakan melalui Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (BPATP) sebelumnya bernama Kantor Pengelola KIAT (Kekayaan Intelektual Alih Teknologi). BPATP menjadi penghubung antara Badan Litbang Pertanian dengan pengusaha agribisnis, terutama dalam perlindungan kekayaan intelektual (Paten, Merk, Hak Cipta dan Desain Industri) dan pelayanan alih teknologi.

Unit Kerja dan UPT

Badan Litbang Pertanian didukung oleh Pusat Penelitian, Balai Besar, Balai Penelitian dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dan Loka Penelitian untuk melaksanakan penelitian dan pengembangan tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, veteriner, sumberdaya lahan, sosial ekonomi pertanian, mekanisasi pertanian, pasca panen, sumber daya genetik dan bioteknologi, dan pengkajian teknologi pertanian spesifik lokasi.

Situs web

Untuk info lebih detil tentang Badan Litbang Pertanian, kunjungi situs web kami :

http://www.litbang.deptan.go.id


HomeHome